Kamis, 27 Agustus 2009

on

Dilema Batas Usia Pensiun

Pengurusan Pensiun bagi sebagian Pegawai dianggap hal yang tidak terlalu penting, ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa PNS di Kabupaten Tulang Bawang yang telah mendekati batas usia pensiun tapi belum mengurus SK Pensiun.

Untuk sebagian Pejabat Eselon II masih berharap agar Batas Usia Pensiunnya dapat diperpanjang, namun untuk pejabat Eselon III dan IV belum diketahui dengan pasti alasan menunda-nunda mengurus SK Pensiun tersebut.

Padahal kalau dipikir Pensiun merupakan Jaminan hari tua dan sebagai penghargaan atas jasa Pegawai Negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah.
Penetapan hak atas pensiun ditentukan atas dasar tanggal kelahiran yg disebut pada pengangkatan pertama sebagai Pegawai Negeri menurut bukti yang sah. Bila tanggal kelahiran itu tidak ada bukti sah, maka tanggal kelahiran atas umur pegawai yang bersangkutan ditetapkan berdasar keterangan pegawai yang bersangkutan pada pengangkatan pertama itu dengan ketentuan tanggal kelahiran atau umur termaksud tidak dapat diubah lagi untuk penentuan hak atas pensiun (PS 10 UU. 11/1969).