Rabu, 05 Agustus 2009

on

Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE)

Lebih lanjut dikatakan, Jawa Timur merupakan Provinsi kelima yang menerapkan KPE, menyusul empat provinsi lain, yakni Kaltim, DKI Jakarta, Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. „Setelah Jatim, Provinsi Kepulauauan Riau segera menyusul,“ ujar Menteri menambahkan.

Dalam sambutannya, Menpan juga mengungkapkan bahwa pemerintah tidak mengeluarkan biaya untuk merealisasikan program ini. Hal ini bisa dilakukan melalui kerjasama dengan perbankan, khususnya bank daerah setempat. „Jadi semua pihak yang terkait dalam penerapan KPE ini semua diuntungkan,“ ujarnya.

Dijelaskan, dengan KPE, maka data kepegawaian menjadi lebih akurat, dan menutup peluang terjadinya nomor identitas ganda. KPE ini juga memiliki multifungsi, karena juga bisa untuk melakukan transaksi seperti pembayaran rekening, penarikan uang tunai, bahkan kartu kredit.

Menurut Sekjen Depdagri, Diah Anggraheni, KPE juga memudahkan PNS dan keluarganya untuk mengakses berbagai kebutuhan, seperti Askes, Taspen, Bapertarum dan sebagainya.