Selasa, 11 Agustus 2009

on

Perangkat Radio Link BKD Tersambar Petir

Pagi ini 11 Agustus 2009 pukul 07.30 wib perangkat komunikasi data (radio link) kembali terkena musibah. Untuk ketiga kalinya perangkat tersebut tersambar petir sehingga menyebabkan peralatan tidak berfungsi.

Pada kali pertama sambaran petir telah menghanguskan perangkat radio link (wirelless) sehingga seluruh komponen didalamnya terbakar.

Pada kali kedua sambaran petir tidak hanya merusakan perangkat radio link saja namun berikut instalasi jaringan LAN yang terhubung dengannya. Namun parahnya hampir semua komputer pada Bidang Pembinaan dan Informasi Pegawai juga terhubung dengan jaringan LAN tersebut selama 24 jam. Sehingga total kerusakan tercatat 5 (lima) buah komputer dan 1 (satu) buah printer laser mengalami kerusakan, yaitu :
1. Komputer Absensi Sidik Jari mengalami rusak parah berupa CPU dan Monitor LCD terbakar, namun perangkat Sensor sidik jari selamat dan dapat difungsikan kembali dengan memindahkan kekomputer yang lain.
2. Komputer IBM Server mengalami kerusakan pada Mainboardnya sehingga tidak dapat melakukan booting.
3. Komputer HP Proliant Server mengalami kerusakan pada Network Card sehingga tidak dapat terhubung dengan jaringan, proses bootingnya pun sedikit bermasalah. (telah diperbaiki)
4. Komputer Desktop Acer Aspire mengalami kerusakan pada Network Card sehingga tidak dapat terkoneksi dengan jaringan (telah diperbaiki)
5. Komputer HP Compaq dx2000mt mengalami kerusakan pula pada Network Card. (telah diperbaiki)
6. HP LaserJet 5100 tidak dapat berfungsi.
7. Perangkat Wirelless hangus terbakar.

Pada kali ketiga kembali perangkat Wirelless tidak dapat berfungsi, namun kerusakan tidak merambah ke perangkat lain.

Sampai dengan saat ini radio link belum dapat difungsikan.