Kamis, 27 Agustus 2009

on

Perpanjangan Batas Usia Pensiun PNS

Pada prinsipnya Batas Usia Pensiun bagi PNS yang menduduki Jabatan tertentu adalah kewenangan dari masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian dilingkungan instansinya. Artikel kali ini akan mengupas dan memperjelas Surat Edaran Menpan Nomor : SE/04/M.PAN/03/2006 tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun PNS yang menduduki Jabatan Struktural Esselon I dan II. Karena untuk daerah Provinsi, Kabupaten / Kota tidak ada Jabatan yang di duduki oleh Pejabat Esselon I, maka di khususkan membahas mekanisme usul perpanjangan Batas Usia Pensiun (BUP) PNS yang menduduki Jabatan Esselon II. Mekanisme Usul Perpanjangan Batas Usia Pensiun (BUP) tersebut adalah sebagai berikut :


Perpanjangan Batas Usia Pensiun ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian secara bertahap, yaitu maksimal 2 tahun, misal perpanjangan pertama dari 56 Tahun s/d 58 Tahun, dan perpanjangan kedua dari usia 58 Tahun s/d 60 Tahun.
Perpanjangan Batas Usia Pensiun ditetapkan setelah mendapat pertimbangan BAPERJAKAT instansi yang bersangkutan.
Keputusan perpanjangan BUP sebagaimana dimaksud huruf a diiatas, dilakukan setelah yang bersangkutan memenuhi syarat kemulaitf berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sebagaimana tersebut pada point 2.
Hasil penilaian terhadap pejabat Eselon II baik yang akan/tidak diperpanjang Batas Usia Pensiunnya disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian.
Bagi Pejabat Eselon II yang tidak akan diperpanjang batas Usia Pensiunnya menjadi 58 Tahun atau 60 Tahun, maka Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi yang bersangkutan mengajukan usul pemberhentian dari Jabatannya kepeda Presiden.

Dasar Perpanjangan Batas Usia Pensiun PNS yang menduduki jabatan struktral Eselon I dan II adalah PP Nomor 65 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil. Dijelaskan pada Pasal 4 PP tersebut :
Batas Usia Pensiun dimaksud dalam pasal 3 dapat diperpanjang bagi PNS yang memangku Jabatan tertentu.
Perpanjangan BUP sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) sampai dengan :
65 Tahun bagi PNS yang memangku :
- Jabatan Peneliti Madya dan Peneliti Utama yang ditugaskan secara penuh dibidang penelitian; atau
- Jabatan lain yangditentukan oleh presiden.
60 Tahun Bagi PNS yang memangku :
- Jabatan Struktural Eselon I
- Jabatan Struktural Eselon II
- Jabatan Dokter yang ditugaskan secara penuh pada unit pelayanan kesehatan negeri;
- Jabatan Pengawas SMA, SMP, SD, TK atau jabatan lain yang sederajat;
- Jabatan lain yang ditentukan oleh presiden.
58 Tahun bagi PNS yang memangku :
- Jabatan Hakim pada Mahkamah Pelayaran.
- Jabatan lain yangditentukan oleh Presiden

Perpanjangan Batas Usia Pensiun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan 62 Tahun bagi PNS yang memangku jabatan struktural Eselon I tertentu.
Perpanjangan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilaksanakan dengan persyaratan :
Memiliki keahlian dan pengalaman yang sangat dibutuhkan organisasi
Memiliki kinerja yang baik
Memiliki moral dan integritas yang baik, dan
Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan oleh keterangan dokter.